Resep Membuat Kolak Singkong Enak Praktis

panduanmemasak-garasitogel - Singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika singkong ini banyak diolah menjadi makanan yang enak dan menggugah selera. Jika kebetulan anda mempunyai stok persediaan singkong yang cukup banyak dirumah, lalu bingung ingin mengolahnya menjadi makanan apa, mungkin resep membuat kolak singkong yang kami share kali ini dapat menjadi salah satu inspirasi bagi anda, apalagi menjelang bulan puasa… kolak singkong ini sangat pas disajikan sebagai hidangan pembuka bagi keluarga dan buah hati anda. Nah, berikut ini adalah resep cara membuat kolak singkong serta bahan – bahan yang diperlukan untuk membuatnya.




Bahan Membuat Kolak Singkong : 
  • 500 gr singkong, kupas, potong-potong kecil (atau sesuai selera)
  • 3 lembar daun pandan
  • 200 ml santan kental
  • 200 ml santan encer
  • 150 gr gula merah
  • 1 sdt vanili
  • 200 ml air
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Kolak Singkong Enak dan Mudah :
  1. Langkah pertama, rebus gula merah dengan air, lalu buang kotorannya pada saat mendidih.
  2. Selanjutnya, masukkan singkong dan masak sampai empuk. Kemudian masukkan santan encer beserta daun panda, vanili dan garam. Setelah itu aduk rata dan masak hingga singkong menjadi matang dan mendidih.
  3. Terakhir, Masukkan santan kental, lalu aduk terus agar santan tidak pecah. Kemudian matikan api, setelah itu sajikan kolak singkong buatan anda dalam keadaan hangat atau bisa juga dalam keadaan dingin (jika suka) dengan menambahkan serutan es.
Tips memilih singkong yang baik :
  1. Pada saat ingin membeli singkong, pilihlah singkong dengan kulit luar yang mengelupas (warna kulitnya terlihat merah muda). Hal tersebut menandakan bahwa singkong bagus kualitasnya
  2. Salah satu cara praktis mengetahui singkong tersebut bagus kualitasnya adalah dengan cara memotong singkong, apabila terlihat segar putih merata berarti menandakan singkong tersebut masih baru dan bagus umbinya. Apabila terdapat lingkaran hitam dan teksturnya keras sekali maka singkong tersebut sudah tua dan akan kenyal sekali pada saat dimasak.


Nah, gimana ? gampang bukan membuat kolak singkong tersebut ? hehehehe


SUMBER : WWW.GARASIGAMING.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar